(1994-1996)
Pada bulan
Januari 1994, Jerry Yang dan David Filo membuat
sebuah situs
web yang diberi nama "Jerry's Guide to the World
Wide
Web." Awalnya, situs Jerry's Guide to the World Wide Web
hanyalah
sebuah direktori daftar bookmark yang dikelompokkan
berdasarkan
subyek. Fungsinya hanyalah sebagai penunjuk bagi
situs-situs
lain.
Bulan April
1994, "Jerry's Guide to the World Wide Web" diganti namanya menjadi
“Yahoo!”. Nama baru ini diambil oleh
Filo dan
Yang dari novel Gulliver’s Travel karya Jonathan
Swift.
Mereka memilih kata unik tersebut karena menyukai makna
katanya yang
berarti “primitif, kuno, kasar”. Selain itu Yahoo
juga adalah
singkatan dari "Yet Another Hierarchical Officious
Oracle".
Sedangkan alamat URL-nya adalah:
akebono.stanford.edu/yahoo.
menjadi
merek produk saus barbekyu dan perahu karet oleh
perusahaan
lain. Inilah sebabnya mengapa Yang dan Filo
terpaksa
menambahkan sebuah tanda seru di belakang kata Yahoo
sehingga
menjadi “Yahoo!”. Walaupun demikian, tanda seru itu
sering
diabaikan saat orang menyebut Yahoo.
karena telah
di-klik oleh sekitar satu juta pengunjung.
Menyadari
potensi ini, Yang dan Filo membadan-hukumkan Yahoo
sebagai
sebuah perseroan terbatas pada 1 Maret 1995. Tahun
berikutnya,
tepatnya tanggal 12 April 1996, Yahoo mendapatkan
dana segar
sebesar 33,8 juta dolar AS yang dihimpun dari hasil
penjualan
2,6 juta lembar sahamnya seharga USD 13 per lembar.
Perkembangan (1997-1999)
Tak mau
ketinggalan dari para para pesaingnya, Yahoo mulai
mengembangkan
sayap hingga menjadi sebuah situs portal. Pada
akhir dekade
90-an, sejumlah portal dan direktori situs
seperti
Yahoo, MSN, Lycos, Excite, dll berkembang sangat
pesat.
Mereka berlomba-lomba mengakuisisi layanan-layanan
internet
lain yang lebih kecil untuk dimasukkan dalam
layanannya
dengan harapan agar pengunjung/pengguna lebih betah
dan setia di
portalnya.
Tercatat
pada 8 Maret 1997, Yahoo mengakuisisi perusahaan layanan komunikasi online yang
bernama Four11. Salah satu produk Four11 yang terkenal adalah Rocketmail. Yahoo
lalu mengubah nama produk ini menjadi Yahoo! Mail. Selanjutnya, Yahoo membeli
ClassicGames.com dan mengubahnya menjadi Yahoo! Games. Tahun 1998, Yahoo mengakuisisi
GeoCities, kemudian mengambil alih eGroups yang dirubah namanya menjadi Yahoo!
Groups. Tanggal 21 Juli 1999, Yahoo meluncurkan salah satu produk terlarisnya:
Yahoo! Messenger.
Yahoo!
International
Sebagai
sebuah portal besar, selain bahasa Inggris, Yahoo! juga mengelola layanan situs
multi bahasa. Terdapat 42 layanan bahasa dalam portal Yahoo saat ini, yang di
antaranya adalah Argentina, Brazil, Jerman, Perancis, Jepang, Thailand, India, Indonesia, dll.
Fenomena
Dot-com bubble (2000-2001)
Dot-com
bubble adalah sebuah periode masa (1995-2001) di mana sejumlah perusahaan
berbasis internet seperti Yahoo, Google, AOL, dsb mencapai puncak kejayaannya
yang ditandai dengan melambungnya harga saham perusahaan-perusahaan tersebut di
lantai bursa. Pada 3 Januari 2000, saham Yahoo mencapai harga tertingginya pada
level USD118,75 per lembar saham. Enambelas hari kemudian, saham Yahoo di
Jepang mencatat sejarah sebagai saham pertama di lantai bursa Jepang yang
diperdagangkan di atas J¥100,000,000, dengan harga per saham J¥ 101,4 juta atau
sekitar USD 962,140 (kurs waktu itu).
Saking
populernya, portal yahoo.com sempat mengalami hang
beberapa jam
pada 7 Februari 2000 akibat serangan hack. Namun
ajaib pada
keesokan harinya, harga saham Yahoo malah meningkat naik 4,5 persen.
Saat masa
emas ini, Yahoo dan Google sempat mengikat suatu kerjasama yang dimulai pada 26 Juni 2000 di mana
waktu itu Yahoo mengontrak Google untuk menempatkan mesin pencarinya sebagai mesin pencari standar di portal
Yahoo.
Periode
pasca dot-com bubble (2002-2006)
Yahoo adalah
salah satu dari sedikit perusahaan besar berbasis internet yang bertahan
setelah fenomena dot-com bubble berakhir. Pada 26 September 2001, saham Yahoo
mencapai harga terendah pada titik USD 4,06.
Akhir 2002,
untuk mengembangkan teknologi mesin pencarinya Yahoo menggandeng Inktomi. Bulan
Februari 2003, Yahoo membeli Konfabulator dan mengganti namanya menjadi Yahoo!
Widgets. Selanjutnya, Juli 2003, Yahoo mengambilalih saham Overture Services,
Inc yang mengelola AltaVista dan AlltheWeb.
Setelah dirasa cukup, pada tanggal 18 Februari 2004 Yahoo secara resmi memutus kerjasamanya dengan Google dan mengembangkan teknologi mesin pencarinya sendiri.
Google kemudian
merilis layanan email gratisannya sendiri, Gmail, yang berkapasitas 1 GB pada 1
April 2004. Melihat hal ini, Yahoo segera merespon dengan meningkatkan
kapasitas mailbox email gratisan dari 4 MB menjadi 100 MB dan mailbox email
berbayar Yahoo Mail Plus dari 1 GB menjadi 2 GB. Tak cukup sampai situ, pada
2007 Yahoo mengumumkan kapasitas mailbox-nya menjadi tak berbatas. Saat Google
merilis Google Talk (produk yang hampir mirip dengan Yahoo! Mesengger) pada
2005, Yahoo bekerjasama dengan Microsoft mengumumkan bahwa Yahoo! Mesengger
bisa dipakai multi fungsi bersama MSN
Mesengger
(produk serupa dari Microsoft).
Yahoo melanjutkan ekspansi dengan mengakuisisi sejumlah layanan lain dan menggabungkan layanan tersebut bersama layanan versinya sendiri. Beberapa layanan yang dimaksud adalah: Flickr, blo.gs, Upcoming.org, del.icio.us, webjay, dll.
Produk dan
Layanan
Sampai saat ini, Yahoo menyediakan hampir semua layanan internet populer yang digunakan oleh para pengguna internet mutakhir. Dalam portalnya sendiri, selain menampilkan berita-berita regional dan dunia terkini, Yahoo juga menyediakan layanan Yahoo Finance, Maps, Yellow Pages, dsb, serta memberi kemudahan bagi para pengguna dengan menampilkan sejumlah akses cepat ke beragam layanan lain seperti: Yahoo! Mail, Yahoo
Weather,
Yahoo! Groups dan Yahoo! Messenger.
Mode Pencarian/Search:
Dalam mode
pencarian, Yahoo melengkapinya dengan sejumlah layanan seperti Yahoo! Image,
Yahoo! Video, Yahoo! Local, Yahoo! News, and Yahoo! Shopping Search.
Komunikasi:
Layanan ini merupakan layanan Yahoo yang memiliki jumlah pengguna terbanyak. Yahoo! Mail sampai saat ini masih merupakan layanan email terbesar di dunia di mana jumlah penggunanya diperkirakan setengah dari total jumlah pengguna email. Sedangkan Yahoo! Messenger masih mendominasi jumlah pengguna dalam hal layanan instant messenger.
Yahoo juga
menawarkan beberapa layanan jaringan sosial seperti: My Web, Yahoo! Personals,
Yahoo! 360°, dan Flickr.
Isi/Konten:
Yahoo bekerjasama dengan ratusan penyedia konten lainnya menyajikan beragam info yang mencakup: Yahoo! Sports, Yahoo! Finance, Yahoo! Music, Yahoo Movies, Yahoo News, dan Yahoo! Games. Pengguna Yahoo juga diberikan kemudahan untuk mengumpulkan fitur-fitur Yahoo favorit pilihannya ke dalam satu halaman sendiri yang diberi nama My Yahoo.
Mobile:
Yahoo! Mobile mencakup sejumlah layanan seperti: on-the-go messaging, instant messaging, moblogging, alerts, ringtones, mobile games, photos, dan bahkan Yahoo! messenger for SMS (Di Indonesia layanan ini hanya bisa untuk pemakai kartu Halo, SIMpati, Mentari dan Pro XL).
OneSearch:
Yahoo memperkenalkan sistem pencariannya sendiri yang disebut oneSearch, yang utamanya diperuntukkan bagi telepon seluler. Yahoo mengklaim hasil pencariannya berbeda dengan hasil pencarian mesin-mesin pencari lain, di mana dalam hasilnya juga ditampilkan tajuk berita, gambar, daftar perusahaan, nama kota beserta kode pos, prakiraan cuaca, dan tautan ke situs lain.
Commerce/Perdagangan:
Termasuk dalam layanan ini adalah: Yahoo! Shopping, Yahoo Autos, Yahoo Real Estate dan Yahoo Travel yang memudahkan pengguna mendapatkan informasi dan membuat transaksi atau pembelian secara online.
Small Business/Usaha Kecil:
Para pelaku
usaha bisa menggunakan layanan-layanan seperti: Yahoo Domains, Yahoo Web
Hosting, Yahoo Merchant Solutions, Yahoo Business Email, dan Yahoo Store untuk
mengembangkan usaha mereka. Selain itu ada juga layanan Hot Jobs yang
memfasilitasi perusahaan dalam mencari tenaga kerja.
Advertising/Periklanan:
Untuk para pengiklan tersedia layanan Yahoo! Search Marketing yang di dalamnya ada program-program seperti Sponsored Search, Local Advertising, dan Product/Travel/Directory Submit. Di layanan ini, para pengiklan ditawarkan memasang iklan produknya untuk disebarluaskan melalui jaringan Yahoo. Pada 5 Februari 2007, Yahoo juga telah merilis sistem periklanan internet terbaru dengan nama Panama.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar